Wednesday, July 30, 2008

mocha cake



kali ini gue nyoba resep mocha cake, cuman butuh waktu 1 jam untuk ngeberesin kue, well not including menghias kue nya sih hehehe, 1 jam buat gue adalah kemajuan lohhhh :p aniwei, rasanya lumayan, suami suka, gue pun puas soalnya memang rasanya lumayan dan 
hiasan kue nya pun lumayan cantik hikhikhik...

resep ini gue ambil dari buku yg baru dibeli pas jalan2 ke gramedia PIM, bukunya menyenangkan buat gue karena resep nya detail dan gambarnya mendukung bgt, dijelasin berbagai hal soal baking, gue rekomen buat para baker pemula deh :)
judul bukunya "Terampil Membuat Cake & Pastry " disusun oleh Yasa Boga, Penerbit Gramedia. Isi resepnya pun beragam, cake2 cantik dan lezat pastinya lahhh...

so, ini resep mocha cake yg gue pake *radalainsamaaslinya*
Bahan:
6 butir telur
150 gr gula castor
150 gr tepung terigu, ayak
100 gr mentega, cairkan (gue pake 60-40 butter-margarine)
1 sdt mocha pasta
1 sdt TBM

Bahan Cream:
350 gram butter, kocok lembut, sisihkan
Rebus 225 gr gula pasir, 6 sendok air, 1/2 sdt vanili hingga kental
kocok 6 kuning telur hingga rata, tuangkan cairan gule panas sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai adonan terlihat lembut, dinginkan
campurkan butter lembut, campur rata. Masukkan 1/2 sdt mocha

Cara membuat:
Kocok telur putih nya saja
kocok kuning telur + gula
campur kedua adonan pake sendok kayu
campur mentega + TBM + mocha pasta
masukkan campuran mentega ke adonan
masukkan adonan ke dalam loyang bulat yg diolesi mentega + tepung terigu
panggang kue hingga matang dalam oven yg sudah dipanaskan
finishing: oleskan cream ke seluruh permukaan kue, hias lebih lanjut.

ada yg mo coba? :)
~nana

No comments: